Sabtu, 14 Maret 2015

Fungsi Manajemen Menurut George Terry

Seluruh mahasiswa program studi manajemen sudah pasti tahu dengan ahli manajemen yang satu ini. Dialah yang disebut-sebut sebagai bapak ilmu manajemen atau manajemen ilmiah. George R. Terry memberikan sumbangsi pemikirannya yang mendasari banyak ahli manajemen di dunia. Bahkan pelajaran manajemen untuk Sekolah Menengah di Indonesia pun memakai teori manajemen dari Terry untuk diajarkan kepada para siswa.

Terry mendefinisikan manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu "Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya". Dari definisi Terry itulah kita bisa melihat fungsi manajemen menurutnya. Berikut ini adalah fungsi manajemen menurut Terry:
  1. Perencanaan (planning) yaitu sebagai dasar pemikiran dari tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan dipakai untuk mencapai tujuan. Merencanakan berarti mempersiapkan segala kebutuhan, memperhitungkan matang-matang apa saja yang menjadi kendala, dan merumuskan bentuk pelaksanaan kegiatan yang bermaksuud untuk mencapai tujuan.
  2. Pengorganisasian (organization) yaitu sebagai cara untuk mengumpulkan orang-orang dan menempatkan mereka menurut kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang sudah direncanakan.
  3. Penggerakan (actuating) yaitu untuk menggerakan organisasi agar berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing serta menggerakan seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi agar pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan bisa berjalan sesuai rencana dan bisa memcapai tujuan.
  4. Pengawasan (controlling) yaitu untuk mengawasi apakah gerakan dari organisasi ini sudah sesuai dengan rencana atau belum. Serta mengawasi penggunaan sumber daya dalam organisasi agar bisa terpakai secara efektif dan efisien tanpa ada yang melenceng dari rencana.
Hakikat dari fungsi manajemen dari Terry adalah apa yang direncakan, itu yang akan dicapai. Maka itu fungsi perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin agar dalam proses pelaksanaanya bisa berjalan dengan baik serta segala kekurangan bisa diatasi. Sebelum kita melakukan perencanaan, ada baiknya rumuskan dulu tujuan yang akan dicapai.


George Terry's Management Function

All students on management school is the management expert would know this one. He is mentioned as the father of scientific management or management. George R. Terry gives sumbangsi rationale underlying many management experts in the world. Even management lessons to high school in Indonesia was put on the management theory of Terry to be taught to students.

Terry defines management in his book Principles of Management is "a process that distinguishes the planning, organizing, mobilizing and monitoring by utilizing both the science and art of demmi achieve predetermined goals." From this definition we can see that Terry management functions according to him. Here is a management function by Terry:
  1. Planning (planning) is the objectives and rationale for the preparation of the steps that will be used to achieve the goal. Planning means preparing all the needs, carefully calculate what the pitfalls are, and formulate shape bermaksuud specific activities to achieve goals.
  2. Organizing (organization) that as a way to bring people together and put them with the skill and expertise in the work that has been planned.
  3. Mobilization (actuating) is to move the organization to run in accordance with the division of labor for each other and move all available resources within the organization that performed the work or activity can proceed according to plan and be reaching the destination.
  4. Supervision (controlling) is to monitor whether the movement of these organizations are in accordance with the plan or not. And supervising the use of resources within the organization to be used effectively and efficiently without being deviated from the plan.
The nature of the management functions of Terry's what is planned, it is to be achieved. So that the planning should be done as possible so that the implementation process can run smoothly and any shortcomings can be overcome. Before we do the planning, it helps formulate the first goal to be achieved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar